RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah/Madrasah : Madrasah Aliyah Tawakkal Denpasar
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XI (sebelas)
/ 1
Standar
Kompetensi 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya
terhadap
pembangunan ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengklasifikasi ketenagakerjaan
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
1. Menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja,
dan kesempatan kerja.
2. Menjelaskan penyebab pengangguran.
3. Menjelaskan cara mengatasi masalah pengangguran di Indonesia.
4. Menjelaskan cara meningkatkan kualitas tenaga kerja.
5.Menjelaskan sistem pengupahan dan penggajian yang berlaku di Indonesia.
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
b) Siswa dapat menjelaskan penyebab pengangguran.
c)
Siswa dapat menjelaskan
cara mengatasi masalah pengangguran di Indonesia.
d)
Siswa
dapat menjelaskan carameningkatkan
kualitas tenaga kerja.
e)
Siswa dapat menjelaskan sistem pengupahan dan
penggajian yang berlaku di Indonesia.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B. Materi Pokok
Ketenagakerjaan
C. Uraian Materi
a)
Hubungan
jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja
b)
Pengangguran
c)
Cara-cara
mengatasi pengangguran
d)
Usaha peningkatan
mutu tenaga kerja
e)
Sistem
upah yang berlaku di Indonesia
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Ceramah, Diskusi kelompok
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami kondisi
ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi.
|
·Mendiskusikan hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan
kesempatan kerja.
|
·Siswa dapat Menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja,
angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menggali dan
mengembangkan pengetahuan siswa tentang ketenagakerjaan. Kemudian guru
mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang
berhubungan dengan kondisi ketenagakerjaan di Indonesia.Selama kegiatan
tersebut, guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b. Motivasi
Masalah
ketenagakerjaan adalah masalah yang sangat dekat dengan kehidupan kita.Masalah
tersebut merupakan topik yang senantiasa dibicarakan dalam kerangka pembangunan
ekonomi nasional. Kelak, para siswa akan menjadi bagian dari tenaga kerja
Indonesia.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mengklasifikasi ketenagakerjaan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
a.
Siswa dikelompokkan menjadi lima kelompok, di mana masing-masing kelompok
terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b.
Kelompok pertama diberi tugas untuk menjelaskan pengertian jumlah penduduk,
tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
c.
Kelompok kedua diberi tugas untuk menjelaskan penyebab pengangguran.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
d.
Kelompok ketiga diberi tugas untuk menjelaskan cara mengatasi masalah
pengangguran di Indonesia.(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e.
Kelompok keempat diberi tugas untuk menjelaskan cara meningkatkan kualitas
tenaga kerja.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
f.
Kelompok kelima diberi tugas untuk menjelaskan sistem pengupahan dan penggajian
yang berlaku di Indonesia.(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g.
Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan
kelompok yang lain menanggapi.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
h.
Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, jujur,
saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.);
b.
Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c.
Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);.
G. Sumber dan Alat
Buku pegangan ekonomi kelas XI, OHP, spidol
Mengetahui Denpasar, ...... ………2011
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar