Total Pembaca Blog

Sabtu, 07 April 2012

KONSEP DASAR AKUNTANSI


Menurut AICPA (Accounting Institute of Certified Public Accountant), Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan dan peringkasan dengan cara tertentu dan dalam nilai uang terhadap kejadian atau transaksi yang paling sedikitnya bersifar financial (keuangan) dan penafsiran terhadap hasil-hasilnya. Menurut AAA (American Accounting Asociation), Akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi yang memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas oleh mereka yang menggunakan informasi tersebut. Etika akuntansi Indonesia dibuat oleh IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) yang sekarang bernama SAK (Standar Akuntansi Keuangan)

KONSEP DASAR AKUNTANSI
  • ACCRUAL BASIC : Pendapatan dan beban dicatat pada saat terjadi/berlangsunya transaksi. Konsep inilah yang digunakan di Indonesia

  • CASH BASIC  :  Pendapatan dicatat saat uang diterima dan beban dicatat saat uang keluar.

  • KONSEP KESATUAN USAHA :  Dalam akuntansi, konsep ini menjelaskan bahwa pencatatat suatu unit ekonomi/usaha tertentu tidak boleh dicampur dengan unit usaha lainnya.

  • KONSEP KELANGSUNGAN USAHA  :  Usaha suatu perusahaan akan melakukan kegiatan usaha secara terus menerus sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

  • MATCHING CONCEPT (Konsep Pengkaitan)  :  Adanya hubungan antara pendapatan dengan beban. Jika ingin mendapat pendapatan maka harus mengeluarkan beban

  • PRINSIP HARGA PEROLEHAN :  Harga Perolehan adalah harga beli ditambah dengan semua biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh harta tersebut, sampai harta tersebut siap digunakan. Misalnya saat kita ingin memasang komputer dengan fasilitas internet di rumah, maka selain harus membeli komputer kita juga harus membayar sekian ribu setiapa bulan untuk layanan internet beserta modem dan yang lainnya termasuk biaya angkut. Maka harga perolehan yang dimaksud adalah harga total yang kita keluarkan sampai komputer tersebut bisa kita gunakan.

    

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar