Total Pembaca Blog

Sabtu, 19 Mei 2012

Bidang - bidang Akuntansi


Bidang - bidang khusus Akuntansi
a.    Akuntansi Keuangan 
     Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang mengkhususkan diri dalam proses pencatatan transaksi hingga penyajiannya dalam bentuk laporan keuangan. Akuntansi keuangan bermanfaat bagi pihak ekstern perusahaan misalnya, bank, pemerintah, pemegang saham, dan pihak-pihak berkepentingan lainnya. Dalam pemcatatan berbagai transaksi keuangan perusahaan, akuntansi keuangan harus mengacu kepada prinsip-prinsip yang dinyatakan dalam standar akuntansi keuangan. Mengenai standar akuntansi keuangan akan kita bahas pada bagian berikutnya.

b.    Auditing
     Bidang akuntansi yang mengkhususkan diri pada pemeriksaan catatan-catatan akuntansi secara independen disebut auditing. Pelaksananya disebut auditor, yang bekerja secara bebas tanpa dipengaruhi kepentingan pihak-pihak tertentu. Auditor akan memeriksa apakah pencatatan transaksi telah sesuai dengan prinsip-prinsip atau standar akuntansi keuangan yang berlaku. Auditor juga memeriksa apakah setiap transaksi didukung oleh bukti-bukti. Dalam melakukan pekerjaannya, auditor mengacu pada standar auditing yang berlaku umum.

c.     Akuntansi Biaya
     Akuntansi biaya berhubungan dengan perencanaan, penetapan, dan pengendalian biaya produksi. Karena obyeknya adalah biaya produksi, maka akuntansi biaya lazim digunakan oleh perusahaan yang kegiatan utamanya memproduksi bahan mentah menjadi barang jadi (manufaktur).

d.    Akuntansi Manajemen
     Akuntansi manajemen adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan diri pada pengembangan dan penafsiran informasi akuntansi untuk membantu manajemen dalam menjalankan perusahaan. Akuntansi manajemen berhubungan dengan berbagai masalah khusus yang dihadapi manajemen, yang pemecahannya membutuhkan beberapa alternatif. Akuntansi manajemen juga terlibat dalam penyusunan rencana pembelanjaan (anggaran) pada masa yang akan datang.

e.     Akuntansi Anggaran
     Akuntansi anggaran berhubungan dengan penyusunan rencana pengeluaran perusahaan dan membandingkannya dengan pengeluaran aktual. Akuntansi anggaran merupakan bagian dari akuntansi manajemen.

f.     Akuntansi Perpajakan
     Akuntansi perpajakan mengkhususkan kegiatannya dalam penyiapan data yang diperlukan untuk perhitungan pajak. Tujuannya adalah agar pajak yang dibayar perusahaan sesuai dengan peraturan pemerintah. Akuntansi pajak harus mengerti prosedur dan undang-undang perpajakan serta bagaimana hubungan antara suatu transaksi dengan tarif pajak.

g.    Sistem Akuntansi
     Sistem akuntansi adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam perencanaan dan pelaksanaan prosedur pengumpulan, serta pelaporan data keuangan. Akuntansi, dalam hal ini harus menciptakan suatu cara sedemikian rupa sehingga mempermudah pengendalian intern dan menciptakan arus laporan yang tepat untuk kepentingan manajemen.

h.    Akuntansi Pemerintahan
 Akuntansi pemerintahan mengkhususkan diri dalam penyajian laporan transaksi yang dilakukan oleh pemerintah. Akuntansi ini melaporkan dan menjelaskan, melalui data akuntansi, berbagai aspek dari pengelolaan administrasi keuangan negara dan melakukan pengendalian atas pengeluaran uang negara.

i.     Akuntansi Pendidikan 
   Akuntansi pendidikan berhubungan dengan kegiatan pengembangan dan penyebaran pendidikan akuntansi. Sekolah Menengah Atas adalah termasuk lembaga yang menyelenggarakan akuntansi pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar